Plakkk..

Jevan kan susah banget yg namanya makan. Berbagai cara gw coba sampe bikin mie ngadon sendiri pake tangan udah. Teteuppp aja anaknya susah makan. Gw sering emosi cm gegara kasi ni anak makan, tapi lagi2 gw cuma bs pelototin anaknya dan mulut gw ngoceh2 gak abis2. Nah kesabaran gw diuji banget barusan. Pagi gw kasi makan gak mau, gw udah capek2 masak Beef Teriyaki bangun subuh biar gw bisa ngejar masak orderan jg krn yg order mnta nyampe ditempatnya jam 11. Kenapa gw masak menu itu buat Jevan? Krn beberapa kali makan di HokBen anaknya lahap makan nasi gak sisa. Ok gw pikir krn dia baru bangun tunggu sejem dulu deh pasti mau anaknya makan. Gw minta tolong akhirnya sm mba untuk suapin Jevan krn gw lagi goreng2 orderan. Hasilnya gimana? Teteuppp gak mau. Padahal anaknya udh diajakin keliling2 keluar masuk gang sm keliling komplek ttep aja makanannya dilepeh. Pulang2 cuma minum air putih yg banyak. Kita nyerah akhirnya udh kasi susu dan tumbennnnya cuma abis setengah botol pdhl biasanya anak ini 2 botol sekali minum jg hayooo. Gw tunggu udah deh sekalian jam makan siang jam 11 gw kasi makan lg gak mauuu juga. Ohh ganti menu aja pikir gw, kebetulan ada nugget dikulkas n gw gorenglah trs kasi makan tteuppp tuh mulut gak mau makan. Gw gak mau kehilangan akal, ok gw goreng kentang aja deh biasa dia mau dan tetep anaknya gak mau makan. Emosi lah gw ngoceh2 n anaknya nangis, krn denger dia nangis makin gak bs ditahan emosinya gw trusss gak lama “plaaaaaakkkkkk” gw tamparlah mukanya kenceng banget smpe bekasnya aja keliatan 3 jari. Anaknya langsung nangis kejer n guling2 dilantai. Ini kali pertama gw tampar dia n sekalinya nampar asli kenceng bgt sampe tangan gw aja perih. Nyeseeeeelll gak? bangettttt. Sekarang gw cm bisa liatin mukanya yg gak berdosa itu lg tidur. 
Maafin mama ya nak…
Ada solusi gak sih bikin anak biar suka makan?. Udh berbagai cara loh gw lakuin 😭😭

Advertisements

41 thoughts on “Plakkk..

  1. Gimana klo tunggu Jevannya laper ja Nol baru dikasih makan, mungkin dengan lapar nanti dia minta makan sendiri. Nola, bisa juga coba kasih Madu gizidat atau vitabumin lumayan booster napsu makan klo di Celine. Semangat ya Maminya Jevan.

    Like

  2. Duh kesian mamanyaaaa, heuhuhuhu 🙁🙁 aku pernah tau ponakanku dikasih kayak curcumin gitu (aku lupa nama indonesianya apa), vitamin yg nambah napsu makan. Ngefek sih di ponakanku. Trs aku jg setuju sama komentator diatasku, gmn klo coba tunggu dia laper dulu?

    Like

  3. Nol, gue tambahin info Vina ya. Coba gizidat aja, bs beli di @gizidatshop Nol 😊 pas B teething suka males makan tp dikasi madu ini jadi mau makan Nol, hap hap. Semoga madu inu bisa membantu ya, Jevan lahap mamamnya

    Like

  4. Nol…makan sendirian pun jevan ttp males2an makan ya?
    Apa cob kasih makan dikit2 nol…jd misal 2 jam sekali makan brp sendok gt trs ntar bbrp jam makan lg mungkin jevan terlalu fokus mao main jd kek malas2an makan
    Soalny olive dulu pernah kek jevan mao dikasih makanan apapun ttp ndk mao…smp gw skng hopeless nya gw suruh makan sendiri n gw tinggal eeh tauny makan anakny klo ndk salah umur brp 15bln deh puncak drama makan, smp skrng ya maony makan sendiri, klo gw suapin yg ada di emut
    semangat ya nol semoga jevan makin pinter makannya

    Like

    • Boleh jg Mir idenya, apa gw bkin Jevan makan sndiri dl kali ya belajar.. Gw liat Oliv udh pinter makan maem sendiri.. Gw coba ya Mir, thankyou 😙😙

      Like

  5. Mungkin Jevan emang tipe anak yang “makan untuk hidup”, Nol.. jadi bukan tipe yang suka makan, dia makan cuma karena dia butuh aja dan menurut waktu dia sendiri. Coba sehari diemin kalo dia nolak makanan, kalo laper pasti dia cari sendiri. Anak gak makan sehari ga akan kenapa2 kok, yang penting minumnya tetep normal. Daan.. yg pasti kalo lagi rewel makan itu latihan buat kita makin sabar, nol.. gua dl juga pas Sophie 2 tahunan sering emosi dan berakibat nyubitin anak. Yang ada cuma nyesel, anaknya ngerti juga enggak. Kita belajar let go aja dah.. ya sudahlaaah kalo ga mau.. *tarik nafas dalem2, hembuskan, dan merem*

    Makin gede pasti makin ngerti dibilangin kok, Nol.. 😊 anak ada masanya sendiri2.

    Like

    • Huaaaa iya ci, ini bener2 loh bkin aku sutriss n emosiii.. Dibujuk, sambil diajak nnton teteupppp aja makanan dilepeehhhh.. Sekadang iri liat anak tetangga makan tinggal hap hap aja..

      Like

  6. Nol….si ndul dirumah stengah mati susah suruh makan. Penyebabnya? Krna kebanyakan ngemil. Ga laper kan dia soale doyam banget malkist roma. Jadilah sekarang gue strict banget…ga akan kasih cemilan apapun…pokoknya makan nasi dl yg kenyang…jd no sweet2 or cemilab apapun. Kalau nngak mah tahan dia ampe sore jugaaa..esmosi emang dah Capek2 masak. Tp semoga Jevan makin pinter ya makannya

    Like

    • Iya capek2 masak ka.. Mana aku masak buat orderan, masak buat sndiri n dia masih menu sendiri lagi.. Pusing kita, gampang emosi kalau udh capek kaya kmren.. Cm aku ngerasa aku jg udh keterlaluan, nyeselnya belipet2..

      Like

  7. Nolaaaa. *Big hug* mungkin bisa dicoba cara temen2 diatas kasih gizidat. Clay sih gw kasih sc*tt aja. Hehee.. makan jg susah sih. Tapi kalo gw dibantu susu aja. .
    Nol, bisa jg sih pake praktek si jevan makan sendiro, atas dia makan makanan elo. Jadi pas elo makan, lu sambil suapin makanan elo ke dia. Intinya sih dia makan. Walau dikit. Itungannya makan. Clay kadang gitu. Ngikut gw aja makannya. Kadang kita doank yg mikir anak takut laper. Makan kurang, dll padahal ya anak emang gak laper.

    Semangatt ya nol

    Like

    • Iya boleh jg sih idenya ci, pas gw makan ya sesuap aja paling lmyan ya masuk mulutnya.. Iya si gizidatnya ud aku pesen kmren nih tinggal nunggu apa nanti bagus sm Jevan n hopefully Jevan cocok.. Tq ci..

      Like

  8. gua ga bisa kasih solusi apa2, karena cara paling ampuh buat jayden tuh makan sambil nonton… bahkan makan di restoran pun tetep sambil nonton… sesekali sih bisa ga sambil nonton, misalnya sambil main main gitu, tapi tetep seringnya sambil nonton…

    jayden juga ga bisa gua biarinin ga makan seharian gitu… pertama karena gua yakin dia ga akan minta makan even uda laper sekalipun, kedua karena jujur gua ga tega, soalnya jayden pas lahir berat badannya kan kurang, jadinya dia ga semontok anak2 lain… mungkin kalo jayden montok gua bakal lebih tegaan kali ya… ini uda anaknya cungkring, ga dikasih makan pasti tambah cungkring hahahaha… jadi solusi terakhir tetep sambil nonton… semangat nola!

    Like

    • Nahhh tipe gw sama kaya lo ci.. Gak bs biarin anak gak makan sekalipun krn dibiarinpun dia gak akan nyari makan.. Jevan kurus bgt ci skrg, apalagi anaknya mayan tinggi jd cungkring.. Iya sama kaya Jayden lah.. Dia sambil nnton bisa sejam ci nasi dimulutnya hahaha.. Sbnrnya gw termasuk sabar ngasi dia makan, tapi ya gitu sabar ad batasnya jg.. Tq y ci..

      Like

  9. Nolaaaaa semangattt. Saran gue kurleb sama kaya buibu diatas. Si alpin jg pernah drama mogok makan, duh emang sutris bgt ya apalagi dah capek2 masakin eh ogah aja anaknya. Tp makin kesini gue makin belajar lbh santai krn anak kalo emang laper pasti bakal nyari makanan kok. Dan gue akhirnya jg biarin si alpin makan sendiri kalo lg kumat mogok makannya. Surprisingly anaknya enjoy2 aja makan sendiri. Bisa dicoba buat jevan yah nol. Semoga jevan makin pinter lg makannya.

    Like

    • Thankyou Re.. Sutrisnya belipet2 udh capek masak ehhh dilepehhh.. Sakit hatinya ud ga tau kek apaan tauu hahha jd lebay.. Iya gw mau coba dia makan sndiri Re, sekalian belajar kan ya..

      Like

  10. si emma juga susah banget, berdasarkan pengalaman ya, moga2 bisa berguna:
    1. kurangi susu dan snack. susu kasih pas mau tidur aja. during the day jangan kasih susu. karena emang perut anak kapasitasnya beda2. kalo yang kapasitas kecil, bagitu dikasih susu langsung kenyang ya jadi gak mau makan. gitu juga sama snack. kita sih masih kasih snack di antara jam makan (kayak jam 3-4 sore gitu) tapi dibatasi. soalnya begitu keterusan makan snack, yang ada malem gak mau makan.
    2. tergantung umur, kalo emang udah rada gede (jevan umur berapa ya?) udah bisa diterapin konsep hukuman. ya emang dijelasin kenapa kok sampe harus dihukum karena kalo gak makan nanti jadi sakit dan mama papa gak mau liat kamu sakit plus kamunya juga berasa gak enak kan kalo sakit. jadi kalo makan gak abis, harus dihukum. hukumannya bisa suruh tulis atau ada barang kesayangannya yang diambil.

    makan itu juga habit. kalo akhirnya udah jadi habit kalo di jam jam tertentu HARUS makan dan anak bakal makan. karena udah jadi kebiasaan.

    good luck!

    Liked by 1 person

    • Intinya hrs disiplin sih ya ko.. Iya mgkin Jevan perutnya kapasitas kecil, jd minum susu tok udh kenyang smpe berjam2.. Umurnya 3th ko, dia udh ngerti sebenernya dinasehatin gitu tapi lagi2 mgkin hrs lebih tegas lagi dr kitanya sbg orgtua.. Mikir kmren2 kan ahhh masih kecil ini, cuma ko ya lama2 gemes sendiri.. Dia makannya ga teratur ko, kalau gak mau ya kasi susu aja.. Kdg sengaja 4 jam kemudian br dikasi makan dia tetep gak mau, emang susah bgt makannya.. Thankyou banget ya ko masukannya, berguna banget..

      Like

  11. oh satu lagi… harus disiplin! gak ada tuh acara makan sambil nonton tv atau sambil main atau sambil diajak muter2. jam makan, semua duduk di meja makan (termasuk papa mama harus disiplin) dan semua makan bareng. again, ini akan jadi habit.

    Liked by 1 person

  12. sabaaar yaaa nolaa..
    pukpukpukk, ga cuma mama jevan yang galau soal GTM anak ini.
    udah coba semacam “dikibulin” blm?
    misal dia kan suka hokben? coba kasih makan buatan sndiri dg tmpt makan dr hokben.
    biasanya klo take away kan ada tmpt makan plastiknya tuh.
    atau dia suka ayam goreng tepung ala mcd atau kfc. dikasihnya di dlm kotakan happy meal.
    tmnku pnh ngibulin anak kya gt, dia kasih makan ayam tepung buatan dia sndiri tp di kotakin dr kotak happy meal yg tmpo hri dia beli.

    Like

    • Ehhh boleh tuhh Syerrr ngibulin.. Gw cobakkk deh pasti, secara wadah hokben gw banyak drmh.. Duhhh ide ini cemerlang.. Thankyou Syer, hr ini gw mau coba.. Hihi

      Like

      • Hihi sama2 nola. Smoga berhasil soal ngibulin anak.
        Krn jaman skrg bocah-bocah balita udh terbiasa dg merk (beberapa mgkn hapal pake merk A,B,C). Semoga yaaa..semogaaa berhasil di jevan juga.
        Apalagi mamanya pinter masak. Pasti bisa bikin yg mirip dg restoran. Nti pas mau dikasih ke jevan, tunjukin wadah hokben tertutup seolah2 beneran baru beli, terus dibuka bareng-bareng sambil blg “kita makan hokben yukk hari ini”

        Like

  13. Nola, soal makan itu kunci utamanya adalah disiplin dari ortu. Gue udah pernah ngalamin GTM tuh sama si Abby, tapi soal disiplin waktu makan, gue gak pernah berkurang. Makan harus selalu di high chair, jam-jamnya nggak boleh seenaknya. Snacking juga gak boleh seenaknya. Jadi anak udah ada prinsip keteraturan, dan mereka tau kapan waktunya makan, main, dll. Kalau itu diterapkan, waktu lapar mereka juga teratur. Susu bukan jadi solusi loh. Biar gimana seusia Jevan itu solid food jauh lebih penting. Jangan nyerah ya.

    Like

    • Iya dr aku sendiri dr awal emng kurang tegas ci, agak mlanca mlence.. Memang intiny disiplin sih ya ci.. Iya mama jg bilang susu bukan solusi, seusia Jevan perbanyak vitamin dr makanan sehari2.. Thankyou ya ci, berguna bgt masukannya..

      Like

  14. nola gw baru bacaaa!!!! semangattt yaaaa!!! sabarrrrr!!!! mungki jevan mau nyicip masakan mamanya dari dapur nola hehehehe 🙂 udah banyak yang kasih masukan dan semua bagus – bagus, gw kasih semangat aja buat loe!!!!!! semangat mama jevan!!!!! hug hug

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s